Dulu, divonis gagal ginjal mungkin berarti akhir kehidupan. Namun tahukah Anda bahwa kemajuan di bidang kedokteran telah banyak mengubah hidup seorang penderita gagal ginjal.
.
Salah satu penyebab utama tingginya angka gagal ginjal adalah karena telah terjadi transformasi epidemiologi penyakit pada beberapa dekade terakhir. Kalau dulu angka kejadian yang tinggi adalah penyakit yang bersifat infeksi, maka 10 tahun terakhir penyakit yang sifatnya kronis yang memiliki angka kejadian tinggi, termasuk penyakit metabolik seperti hipertensi dan diabetes yang menjadi penyebab utama gagal ginjal.
.
Hemodialisis (cuci darah) merupakan salah satu jenis terapi pasien gagal ginjal yang banyak dijalani oleh penderita di Indonesia. Hemodialisis digunakan untuk ‘menggantikan’ sebagian fungsi ginjal. Walau tidak sesempurna fungsi asli ginjal, hemodialisis dapat membantu menormalkan kembali keseimbangan cairan, membuang sisa metabolisme tubuh, menyeimbangkan asam-basa-elekterolit dalam tubuh, dan membantu mengendalikan tekanan darah.
.
Rumah Sakit Islam Pati alhamdulillah telah hampir genap 4 tahun memberikan pelayanan hemodialisis dengan standar kualitas sesuai dengan peraturan pemerintah dan perhimpunan ahli ginjal di Indonesia. kami hadir memberikan pelayanan yang mengedepankan mutu dan keselamatan untuk pasien dengan standar pencegahan dan pengendalian infeksi tingkat tinggi.