Amankah Scaling Gigi Saat Pandemi? Simak Penjelasan dan Efek Sampingnya

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk memberikan tampilan gigi yang sehat dan bersih. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dan banyak mengandung gula seperti kue, permen, susu dan makanan manis lainnya mengakibatkan timbulnya karang gigi dan plak. Selain itu kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga mempercepat timbulnya karang gigi. Karang gigi yang sudah terbentuk dan menumpuk terlalu lama akan mengakibatkan penurunan gusi serta kerusakan pada jaringan sekitar gigi. 

Salah satu cara untuk menghilangkan karang yang menempel pada gigi tanpa tindakan operasi adalah Scaling Gigi. Simak Penjelasanya!

Scaling Gigi 

Scaling gigi adalah prosedur medis non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan karang dan plak diseluruh permukaan gigi.

Perlukah dilakukan? Apa manfaatnya?

Scaling Gigi sangat diperlukan untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang sulit untuk dihilangkan dengan penyikatan gigi biasa. Seberapa sering melakukan Scaling Gigi adalah tergantung pada kondisi kesehatan gigi masing-masing individu. Selain untuk menghilangkan plak dan karang gigi, Scaling Gigi mempunyai beberapa manfaat kesehatan diantaranya adalah

  • Menghilangkan bau mulut
  • Membuat tampilan gigi menjadi lebih cerah
  • Memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi
  • Mencegah infeksi Gusi dan mengurangi resiko gigi tanggal
  • Mengurangi asam dan enzim berlebih yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan
  • Mengurangi resiko pendarahan atau pembengkakan jaringan akibat respon imun terhadap bakteri pada plak
  • Mencegah penyakit periodontitis

Lalu apakah tindakan Scaling Gigi beresiko ?

 

Scaling gigi mempunyai resiko yang sangat minim. Dalam menjalani prosedur Scaling gigi, gusi mungkin akan mengalamii sedikit pendarahan, nyeri pada gigi dan gusi, namun hal tersebut sangatlah wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Efek samping yang paling dapat dirasakan setelah menjalani prosedur Scaling ialah nyeri gusi dan gusi sensitif, namun hal tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam 2-3 hari.

Amankah Scaling Gigi Saat Pandemi ?

Bagi anda yang ingin melakukan scalling gigi namun merasa bimbang saat pandemi, anda tidak perlu lagi merasa cemas karena Poliklinik Gigi Rumah Sakit Islam Pati dilengkapi dengan Vacuum Ekstraoral yang akan mengisolasi aerosol sehingga meminimalisir penyebaran Covid-19. 

 

Jadwal Praktek Poliklinik Gigi Rumah Sakit Islam Pati

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut anda dengan Dokter Gigi Rumah Sakit Islam Pati

drg. Desy Khasanah P

Senin – Sabtu

Jam 14.30 – 17.30 WIB

 

drg. Rifandy Hanifatunnisa

Senin – Sabtu

Jam 10.15 – 14.15 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *