Ini Kelebihan USG 4D Beserta Tarifnya

Assalamualaikum #dulurrsi

Apa Itu USG 4D?

Sama halnya seperti USG 2D dan 3D, USG 4D atau 4 Dimensi tetap menggunakan gelombang suara untuk menampilkan kondisi kehamilan, mulai dari wujud janin, keadaan rahim dan panggul ibu, hingga gangguan yang terjadi di dalam kandungan. Bedanya, teknologi yang digunakan pada USG 4D lebih canggih, hal ini diperuntukkan guna mendapatkan hasil pemindaian yang lebih jelas.

Apa Kelebihan USG 4D?

USG 4D dapat menyajikan gambar realtime saat janin sedang bergerak. Dengan USG 4D bunda dapat melihat jelas pergerakan janin seperti anda sedang melihat video. Jika hasil foto pada USG 3D masih berupa foto diam alias tidak bergerak, maka USG 4D menawarkan video empat dimensi yang menunjukkan ekspresi wajah dan gerakan bayi di dalam kandungan. Anda dapat melihat secara live bagaimana buah hati anda membuka mulut, menguap, menendang, dan lain sebagainya. Tidak hanya untuk memenuhi keinginan untuk melihat calon buah hati, USG 4D juga dapat digunakan dokter kandungan untuk mendeteksi kemungkinan adanya abnormalitas atau gangguan serta kondisi organ-organ tubuh tertentu pada janin, sehingga dokter dapat lebih cepat melakukan langkah-langkah penanganan.

Lalu, Kapan USG 4D dapat dilakukan?1

USG 4D dapat dilakukan kapanpun baik di awal kehamilan, pertengahan, maupun menjelang persalinan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kurjak et al., USG 4D dapat memvisualisasikan gambar pada janin yang usianya seminggu lebih awal dari usia yang dapat dilihat dengan USG biasa. Setelah usia 2 minggu, seluruh tubuh janin sudah dapat dilihat, akan tetapi pergerakan tubuh sudah dapat dilihat pada usia yang lebih muda. Semakin matang usia kehamilan, semakin jelas pula visualisasi yang akan didapatkan. Hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya usia kehamilan, ukuran janin akan ikut bertambah, serta air ketubanpun akan diproduksi semakin banyak.  Salah satu fungsi dari air ketuban ini ialah sebagai penghantar gelombang suara. Dengan demikian, untuk mengamati posisi dan pergerakan janin serta mendapat visualisasi yang lebih jelas, USG lebih sering direkomendasikan oleh dokter saat janin berada pada usia trimester kedua dan trimester ketiga.

Ingin Lakukan USG 4D tapi Takut Mahal?

Untuk bunda yang ingin melakukan USG 4D namun khawatir dengan tarif yang mahal, maka bunda tidak perlu khawatir lagi. Di Rumah Sakit Islam Pati, tarif USG 4D tergolong cukup murah namun tetap memberikan hasil yang memuaskan loh. Tarif Promo USG 4D Rumah sakit Islam Pati sebesar Rp 273.000,-. *(Tarif promo berlaku sampai akhir tahun 2020).

Nah, tunggu apalagi. Yuk ke RSI !!!

 

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi CP marketing kami ya:

Sriyatun, SE (081388421188) WA

 

sumber :

1Hata T. Four dimensional ultrasound evaluation of fetal neubehavioural development. Donald School Jounal of Ultrasound in Obstetrics and Gynecology.2010;4(3):233-48.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.